PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MELATIHKAN KERJASAMA PESERTA DIDIK

  • FIRDA MARDATILLAH
  • HERMIN BUDININGARTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, kerjasama, hasil belajar dan respon peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian One Shot Case Study. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 1, X MIPA 2 dan X MIPA 5 di SMAN 2 Sumenep. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada ketiga kelas terlaksana dengan sangat baik. Kerjasama peserta didik yang diamati meliputi komunikasi, koordinasi, kooperasi, dan bertukar informasi. Dari ketiga kelas pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua dalam melatihkan kerjasama termasuk kategori baik. Hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 88%, hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 2 tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 94%, dan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD maka hasil belajar peserta didik secara klasikal dapat tuntas. Respon peserta didik dari ketiga kelas terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk melatihkan kerjsama sangat baik dengan presentase rata- rata sebesar 88%.
Published
2018-08-10
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 50