Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Menggunakan Teknik The Power of Two and Four

  • VENI NUR SAPUTRI
  • HERMIN BUDININGARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untk mendeskripsikan pelaksanaan dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan teknik the power of two and four. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pare menggunakan tiga kelas sebagai sampel yaitu satu kelas implementasi dan dua kelas replikasi yang dipilih secara purposive sampling, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode observasi dan tes dengan instrumen tes yang berupa soal pilihan ganda yang akan dikerjakan oleh peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kelas implementasi, replikasi 1, dan replikasi 2 terdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas yang telah diamati dari aktivasi guru dan peserta didik pada dua pertemuan dinyatakan terlaksana dengan cukup baik berdasarkan rata-rata aspek. 2) Berdasarkan hasil perhitungan pada ranah kognitif yaitu pada uji n-gain menunjukkan ketiga kelas sampel mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang dan pada analisis anava menunjukkan hasil belajar peserta didik meningkat secara konsisten. 3) Berdasarkan hasil perhitungan pada ranah psikomotor atau ranah keterampilan peserta didik ikut berperan aktif dalam pembelajaran dengan kategori baik.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, tipe NHT, teknik the power of two and four, dan hasil belajar



Published
2018-09-07
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 33