PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN TEKNIK INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI GETARAN HARMONIK PADA PESERTA DIDIK SMA

  • DESYI RACHMANING TYAS
  • HERMIN BUDININGARTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, serta mengetahui respon peserta didik setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatift think pair share dengan teknik index card match pada materi Getaran Harmonik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan menggunakan rancangan penelitian One group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA 1, kelas X MIA 2, dan kelas X MIA 4. Sebelum perlakuan yaitu pembelajaran kooperatif think pair share dengan teknik index card match diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik terlebih dahulu diberi soal pretest dan setelah pembelajaran berakhir peserta didik diberi soal ­posttest. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan, analisis n-gain, dan uji ANAVA. Berdasarkan uji-t berpasangan diperoleh thitung pada kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 4 yang berturut-turut sebesar 1,814; 2,806; 3,109 dengan besar ttabel yaitu 1,689. Karena thitung > ttabel, hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep pada peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkan perlakuan. Berdasarkan analisis n-gain, diperoleh peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada dua kelas yang termasuk dalam kategori sedang dan satu kelas termasuk dalam kategori tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas memperoleh hasil dalam kategori sangat baik serta mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik di ketiga kelas terhadap penerapan pembelajaran kooperatif think pair share dengan teknik index card match.

Kata Kunci

:

Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Teknik Index Card Match, Pemahaman Konsep

Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 34