Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

  • ANA CHOIRUNISA
  • HERMIN BUDININGARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan teknik mind mapping materi pemanasan global kelas XI MIPA SMAN Bareng Jombang. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental. Hasill analisis uji normalitas dan homogenitas dari hasil pretest dan posttest di ketiga kelas yang berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dianalisis uji t-signifikasi setelah menentukan kelas eksperimen dan replikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas yang diamati dari aktivitas guru dan peserta didik melalui lembar keterlaksaan pembelajaran menunjukkan terlaksana dengan sangat baik.

Kata kunci: kooperatif tipe TPS, mind mapping

Abstract

This aim of this research is to describe the learning outcomes of students of XI MIPA SMAN Bareng Jombang after the implementation of think pair share type cooperative learning model with mind mapping technique on the of global warming. This type of research is pre-experimental designs. The result of analysis of nnormality and homogeneity test of the pretest results obtained three classes which normally distributed and homogeneos distributed. And than of analysis of t-signification after that change experiment class and replication class. The research shows that the implication of learning in the three classes observed from the activties of teacher and students through the learning implementation shows is very good implemented.

Keywords: TPS type cooperative learning, mind mapping




Published
2018-11-16
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 39