Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Teknik Brain Gym untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Getaran Harmonik Sederhana di SMAN 1 Sidayu

  • NINDI THIYAH AWIDDAH
  • HERMIN BUDININGARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan mengetahui respon siswa dengan menerapkan model pembelajaran guided inquiry dan teknik brain gym pada materi getaran harmonik sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Sidayu dengan sampel sebanyak tiga kelas dengan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan angket. Instrumen tes berupa tes pilihan ganda. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas nilai pre-test dan post-test didapatkan kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2 terdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas dinyatakan terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 83%; 2) Berdasarkan analisis n-gain hasil belajar siswa pada ketiga kelas meningkat dengan kategori sedang; 3) Pembelajaran yang dilakukan mendapatkan respon positif dari siswa sebesar 84% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry dan teknik brain gym dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: model pembelajaran guided inquiry, teknik brain gym, hasil belajar.

Abstract

This study aims to describe the implementation of learning, learning outcomes, and student’s responses of by applying guided inquiry learning and brain gym technique in simple harmonic motion. The type of research used pre-experimental design. The research was conducted at SMAN 1 Sidayu with three sample classes with one experiment class and two replication classes. Technique of collecting data is observation method, test, and questionnaire. The test instrument is a multiple choice. Based on the normality test and homogeneity test of pre-test and post-test values ​​obtained experimental class, replication class 1, and replication class 2 are normal distributed and homogeneous. The results showed: 1) The implementation of learning in the three classes observed from the teacher activity for two meetings was stated to be very well executed with the percentage of 83%; 2) Based on the analysis of n-gain student learning outcomes in the three classes increased in the medium category; 3) The learning done earns positive responses from the students with very good category with the average percentage of 84%. The results concluded that guided inquiry model and brain gym techniques can improve student learning outcomes.

Keywords: guided inquiry learning, brain gym technique, and learning outcome






Published
2018-09-07
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 31