MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS TIPE BEACH BALL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan model pembelajaran diskusi tipe beach ball yang digunakan dalam melatihkan keterampilan komunikasi peserta didik SMA kelas XI pada materi gejala pemanasan global ditinjau dari kegiatan peserta didik dalam pembelajaran. Subjek penelitian yaitu peserta didik SMAN Gedangan kelas XI-MIA 4 dalam tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 36 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi yang dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi aktivitas peserta didik. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh hasil keterampilan komunikasi yang semakin meningkat dari pertemuan pertama 5,90%, pertemuan kedua 10,80%, dan pertemuan ketiga sebesar 22,40%.
PDF Downloads: 35