MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS TIPE BEACH BALL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMA

Authors

  • SEPTIANA DEWI A
  • HERMIN BUDININGARTI

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan model pembelajaran diskusi tipe beach ball yang digunakan dalam melatihkan keterampilan komunikasi peserta didik SMA kelas XI pada materi gejala pemanasan global ditinjau dari kegiatan peserta didik dalam pembelajaran. Subjek penelitian yaitu peserta didik SMAN Gedangan kelas XI-MIA 4 dalam tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 36 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi yang dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi aktivitas peserta didik. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh hasil keterampilan komunikasi yang semakin meningkat dari pertemuan pertama 5,90%, pertemuan kedua 10,80%, dan pertemuan ketiga sebesar 22,40%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

14-08-2018

How to Cite

DEWI A, S., & BUDININGARTI, H. (2018). MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS TIPE BEACH BALL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/25266

Issue

Section

Articles
Abstract views: 65 , PDF Downloads: 47

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>