PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMAN 11 SURABAYA MATERI USAHA ENERGI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

  • IRMA JUSTIA WINNIHASTUTI
  • HERMIN BUDININGARTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains sesudah diterapkannya model inkuiri terbimbing pada materi usaha energi. Penelitian ini memiliki subjek 101 peserta didik di kelas X IPA di SMAN 11 Surabaya yang terbagi pada tiga kelas penelitian. Pada kelas X IPA 4 ialah eksperimen sedangkan kelas X IPA 1 dan X IPA 2 ialah kelas replikasi. Penelitian ini variabel manipulasi ialah model inkuiri terbimbing, variabel kontrol yaitu materi usaha dan energi, perangkat dan instrumen pembelajaran yang digunakan, dan alokasi waktu, variabel respon yaitu keterampilan proses sains. penelitian ini berjenis pre-experimental dengan one group pre-test post-test design. Data hasil dari pre-test dan post-test yang telah ada hasilnya di analisis dengan memakai uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t- berpasangan. Penelitian hasilnya memperlihatkan bahwa: (1) Dengan penerapkan model inkuiri terbimbing keterlaksanaan pembelajarannya berkategori sangat baik di tiga kelas yang dilakukan penelitian (2) Sesudah diterapkan model inkuiri terbimbing dengan nilai gain sedang secara signifikan.terjadi peningkatan keterampilan proses sains .Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan model inkuri terbimbing berpengaruh signifikan dan keterampilan proses sains peserta didik menjadi meningkat.

Kata Kunci : Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, usaha dan energi
Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 37