PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GETARAN HARMONIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 SRENGAT

  • ZAHROTUL MUVIDDAH
  • HERMIN BUDININGARTI

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Srengat bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided discovery, mendeskripsikan kemampuan keterampilan proses sains, dan mengetahui respon peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one-shot case study. Sampel penelitian yakni pembelajaran guided discovery di kelas X di SMA Negeri 1 Srengat diantaranya X-MIPA 1, X-MIPA 2, dan X-MIPA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran guided discovery terlaksana dengan sangat baik dengan skor berturut-turut 3,24; 3,28; dan 3,30 (2) hasil kemampuan keterampilan proses sains setelah diterapkan model pembelajaran guided discovery menunjukkan bahwa peserta didik memiliki keterampilan proses sains yang baik terbukti dengan hasil tes keterampilan proses sains diperoleh nilai tes klasikal dengan persentase ketuntasan berturut-turut adalah 72%; 86%; dan 89% (3) peserta didik memberikan respon yang baik terhadap model pembelajaran guided discovery untuk melatihkan keterampilan proses sains dengan skor rata-rata diantaranya 77,36; 79,62; dan 75,37. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi getaran harmonik dapat melatikan keterampilan proses sains peserta didik di SMA Negeri 1 Srengat.

Kata kunci: Guided Discovery, Keterampilan Proses Sains, Getaran Harmonik




Published
2018-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 39