VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Authors

  • DESITA ROHMADHINA JANNAH
  • SULIYANAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas perangkat pembelajaran fisika dengan strategi mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Perangkat pembelajaran yang ditentukan validitasnya terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), handout, lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar evaluasi soal. Hasil persentase validitas dikatakan sangat valid pada rentang 81%-100%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validitas silabus sebesar 83,92%, persentase validitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebesar 81,25%, persentase validitas handout sebesar 83,33%, persentase validitas lembar kerja peserta didik (LKPD) sebesar 84,09%, dan persentase validitas lembar evaluasi soal sebesar 84,09%. Dari hasil validitas perangkat pembelajaran dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: validitas, perangkat pembelajaran, strategi mind mapping, berpikir kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-06-2020

How to Cite

ROHMADHINA JANNAH, D., & SULIYANAH. (2020). VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/34262

Issue

Section

Articles
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 58