Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan Metode ‎Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X SMA Negeri 2 ‎Bangkalan

Authors

  • Anggita Stefany Kusumaning Dewi
  • Suliyanah Suliyanah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di sekolah tersebut masih sedikit guru fisika yang menerapkan model dan strategi pembelajaran, hal ini mengakibatkan lemahnya motivasi siswa untuk belajar di kelas, sehingga hasil belajar mereka cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan metode snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan memberikan perlakuan terhadap subjek penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Bangkalan dan sampel yang diambil yaitu kelas X-E, X-F, X-G sebagai kelas eksperimen dan kelas X-D sebagai kelas kontrol yang berdistribusi normal dan homogen sebagai sampel penelitian dengan diberikan pre-test. Hasil post-test yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil uji-t dua pihak diperoleh -ttabel < thitung < ttabel menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Hasil uji-t satu pihak diperoleh thitung > ttabel menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan metode snowball throwing berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Bangkalan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Dewi, A. S. K., & Suliyanah, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan Metode ‎Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X SMA Negeri 2 ‎Bangkalan. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 308–313. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/398

Issue

Section

Articles
Abstract views: 26 , PDF Downloads: 36

Most read articles by the same author(s)