Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Inkuiri Terhadap Hasil ‎Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pacet pada Materi Perpindahan Kalor

Authors

  • Nia Wati
  • Suliyanah Suliyanah

Abstract

Penelitian yang berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pacet pada materi perpindahan kalor bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan inkuiri. Desain penelitian ini adalah randomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pacet yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (VII E, VII F, dan VII G) dan satu kelas kontrol (VII C). Hasil pretest dianalisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan hasil posttest dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan inkuiri pada materi perpindahan kalor di kelas VII SMP Negeri 1 Pacet lebih baik daripada penerapan pembelajaran yang biasa diterapkan di sekolah dan hasil angket respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan inkuiri pada materi perpindahan kalor adalah positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Wati, N., & Suliyanah, S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Inkuiri Terhadap Hasil ‎Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pacet pada Materi Perpindahan Kalor. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 100–105. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/370

Issue

Section

Articles
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 55

Most read articles by the same author(s)