Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen dengan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) ‎Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Materi Perpindahan Kalor di SMA Negeri 1 ‎Kedungadem Bojonegoro

Authors

  • Afif Yuli Candra Prasetya
  • Suliyanah Suliyanah

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Kedungadem diketahui bahwa selama ini siswa mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan eksperimen. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan suatu metode eksperimen dengan model pengajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengaruh metode eksperimen dengan model pengajaran langsung terhadap prestasi belajar siswa pada materi perpindahan kalor. Penelitian ini menggunakan desain “True Experimental Design”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem yang berjumlah lima kelas. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (X-1, X-2, X-3) dan satu kelas kontrol (X-4).Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dengan model pengajaran langsung dapat meningkatkan prestasi siswa pada materi perpindahan kalor di SMA Negeri 1 Kedungadem.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Prasetya, A. Y. C., & Suliyanah, S. (2025). Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen dengan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) ‎Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Materi Perpindahan Kalor di SMA Negeri 1 ‎Kedungadem Bojonegoro. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 166–171. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/379

Issue

Section

Articles
Abstract views: 56 , PDF Downloads: 120

Most read articles by the same author(s)