Penerapan Model Pembelajaran Konsep dengan Mengintegrasikan Teknik Skimming Terhadap ‎Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 18 Surabaya‎

Authors

  • Nur Aini Fauziyah
  • Suliyanah Suliyanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran konsep dengan mengintegrasikan teknik skimming terhadap prestasi belajar siswa pada sub materi pokok perpindahan kalor. Pada penelitian ini, skimming yang merupakan teknik membaca cepat berperan dalam meningkatkan kesiapan siswa untuk belajar sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran dan dengan pembelajaran konsep siswa dapat mengeluarkan pendapat mengenai konsep yang telah mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari (contoh dan non contohnya) sehingga siswa lebih mudah untuk menerima dan memahami konsep yang diajarkan serta bersikap lebih kritis. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 18 Surabaya dan rancangan penelitian yang digunakan adalah true experiment design. Berdasarkan analisis aspek kognitif siswa menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak diperoleh hasil bahwa prestasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa di kelas kontrol. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa pembelajaran konsep dengan mengintegrasikan teknik skimming yang diterapkan pada penelitian ini berjalan dengan baik, hal ini didapat dari pengamatan. Respons siswa terhadap pembelajaran konsep dengan mengintegrasikan teknik skimming secara umum baik, hal ini ditunjukkan pada respons siswa tertinggi terdapat pada aspek kelima dan keenam yaitu siswa lebih termotivasi untuk belajar dan lebih berani menyampaikan pendapat persentase sebesar 85,87% dan tergolong baik sekali.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Fauziyah, N. A., & Suliyanah, S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Konsep dengan Mengintegrasikan Teknik Skimming Terhadap ‎Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 18 Surabaya‎. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 111–115. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3379
Abstract views: 34 , PDF Downloads: 95

Most read articles by the same author(s)