Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Fluida Statis untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan 2) keterampilan proses sains peserta didik setelah dilatihkan dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery pada materi fluida statis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pra eksperimental, dengan menggunakan metode penelitian satu kelompok percobaan dan dua kelompok replikasi yang diberi suatu treatment yang serupa, setelah itu dilakukan pre-test dan post-test pada kelompok tersebut. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas X TKJ 1 sebagai kelompok percobaan, kelas X TKJ 2 dan kelas X TSM 5 sebagai kelompok replikasi yang terditribusi normal dan homogen. Keterampilan proses sains yang telah dilatihkan pada penelitian ini adalah mengamati, mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis, mengelompokkan, merencanakan percobaan, menerapkan konsep, membuktikan hipotesis, dan mengomunikasikan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Guided Discovery yang terdapat pada penelitian ini mendapatkan persentase antara 86,36% sampai 92,85% dengan kriteria sangat baik. Didapatkan nilai rata-rata tertinggi sebesar 3,94 pada aspek Generalization pada kelas X TKJ 2 dan X TSM 5. Dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yaitu adanya peningkatan keterampilan proses sains peserta didik yang signifikan dan merupakan indikasi keterampilan proses sains telah dilatihkan.
Kata kunci: fluida statis, Guided Discovery, keterampilan proses sains
PDF Downloads: 57