Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Pendekatan SETS pada Materi Pemantulan Cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 2 Wringinanom
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi pendekatan SETS pada kegiatan belajar mengajar, hasil belajar siswa (yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor) dan respons siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan instrumen penelitian meliputi lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, soal posttest, lembar pengamatan psikomotor, lembar pengamatan afektif dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif dengan subyek penelitian kelas VIII-B sejumlah 37 siswa dan VIII-C sejumlah 36 siswa. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa skor pengelolaan pembelajaran guru untuk kelas VIII-B sebesar 3,37 (sangat baik) dan untuk kelas VIII-C sebesar 3,54 (sangat baik) hal ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi pendekatan SETS dilakukan dengan sangat baik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi pendekatan SETS memiliki dampak dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik pada ranah kognitif, afektif maupun psikomotor. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa siswa mempunyai respons yang sangat baik terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi pendekatan SETS pada materi pemantulan cahaya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 42
,
PDF Downloads: 46



