PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 KEDUNGPRING PADA MATERI ALAT UKUR LISTRIK

  • Dani Prasetya Utomo
  • Andy Noortjahja

Abstract

Pengembangan model pembelajaran Picture and picture dengan materi “Alat ukur listrik” dilakukan sebagai salah satu contoh pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Pengembangan model ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, hasil belajar, dan respons siswa terhadap model pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D tetapi dibatasi hanya sampai tahap pengembangan (develope). Uji coba perangkat dilakukan di kelas X-5 SMA Negeri 1 Kedungpring sebanyak 23 siswa. Hasil telaah perangkat pembelajaran oleh dosen dan guru menyatakan bahwa pengembangan perangkat sudah layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan prosentase Silabus 85%, RPP 85%, LKS 86%, dan Buku Siswa 82%. Hasil belajar siswa tuntas 83% dan tidak tuntas 17%. Respons siswa positif terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dengan prosentase 78,2%. Kata kunci: Picture and picture, alat ukur listrik, hasil belajar, respons siswa. Abstract Development of picture and picture learning model on “electrical measuring instrument” is done as one example of a student-centered learning. The development of this model aims to determine the feasibility, learning outcomes, and student responses to the learning model developed. The development of learning device using 4-D models but are limited to the develope phase. Trials of the learning device done in the class X-5 SMA Negeri 1 Kedungpring by 23 students. The result of validation of learning device by lecturers and teachers stated that the development is feasible for use in learning activities with the percentage of syllabus 85%, lesson plans 85%, student worksheet 86%, and student book 82%. Student learning outcomes 83% complete and 17% incomplete. Positive student response to learning devices that have been developed with the percentage of 78.2%. Keywords: Picture and picture, electrical measuring instrument, learning outcomes, student responses
Published
2014-02-12
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 215