Pengaruh Penerapan Permainan Destinasi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika Sub Pokok Bahasan Listrik Dinamis di Kelas X SMAN 1 Galis Pamekasan

Authors

  • Annisaul Karimah
  • Abdul Azis Abdullah

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Penerapan Permainan Destinasi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika Sub Pokok Bahasan Listrik Dinamis di Kelas X SMAN 1 Galis Pamekasan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif ; mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan permainan destinasi, serta mendeskripsikan pengaruh kemampuan kinerja siswa setelah diterapkan permainan destinasi dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Galis Pamekasan pada pokok bahasan listrik dinamis Rancangan penelitian ini adalah true experimental design. Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan teknik Random Sampling sehingga diperoleh kelas kontrol (X-3) dan kelas eksperimen (X-4, X-5 dan X-6). Dari hasil analisis uji-t dua pihak pada kelas eksperimen didapatkan thitung > ttabel, hal ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen Hasil uji-t satu pihak didapatkan thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol karena hasil analisis kinerja siswa diketahui kelas Eksperimen memperoleh nilai rata-rata kinerja lebih baik daripada kelas kontrol yaitu berturutturut sebesar 2, 710; 2,730; dan 2,760, sedangkan pada kelas eksperimen mendapat skor sebesar 2,580. Dari hasil analisis regresi dan korelasi linier diketahui bahwa kemampuan kinerja siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa dan sebesar 96,08% siswa mempunyai respon yang baik terhadap pembelajaran dengan menerapkan permainan destinasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran fisika pokok bahasan listrik dinamis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Karimah, A., & Abdullah, A. A. (2025). Pengaruh Penerapan Permainan Destinasi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika Sub Pokok Bahasan Listrik Dinamis di Kelas X SMAN 1 Galis Pamekasan. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 270–277. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/391

Issue

Section

Articles
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 28