PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ELASTISITAS KELAS XI SMAN 1 GEDANGAN

  • Elly Nor Indah Sari
  • Abdul Azis Abdullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas kelas XI. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu bentuk model pembelajaran yang menuntut kerjasama siswa dan saling ketergantungan dalam struktur tugas, tujuan, dan penghargaan. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Gedangan dan adalah jenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain True Experimental. Bentuk dari True Experimental Design yang dipilih adalah Control Group Pre-test Post-test Design. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh bahwa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD leih baik daripada kelas kontrol
Kata Kunci: model pembelajaran koopeatif (STAD), hasil belajar
Abstract
This research’s goals are to describe influence cooperative STAD (Student Team Achievement Division) in case of student class XI learning elasticity material result. Basic cooperative learning are a learning method that needs the cooperation between students and test structure goals and achievement. Subject of this research are student class XI SMAN 1 Gedangan and research’s method which chosen are control Group Pre-test Post-test Design, part of true experimental design method. And the result conclude that experimental class using cooperative learning type STAD are better than control class method.
Keywords: cooperative STAD learning, learn autcomes
Published
2014-02-12
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 33