Designing of Toulmin's Argumentation-Based Global Warming Worksheets to Improve Problem Solving Ability
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v12n2.p81-90Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validitas lembar kerja pada materi pemanasan global berbasis argumentasi toulmin untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Model ini menggunakan tiga tahapan dalam penelitian yakni, tahap analisis (analyse) yaitu untuk mengetahui jenis kebutuhan peserta didik mengenai lembar kerja pemanasan global, tahap desain (design) yaitu merancang lembar kerja yang akan dikembangkan, dan tahap pengembangan (development) yaitu menyusun dan melakukan validasi pada lembar kerja berbasis argumentasi toulmin yang dikembangkan. Validitas dalam lembar kerja yang dikembangkan dinilai dari beberapa aspek yakni, aspek didaktik dilihat dari penggunaan dari lembar kerja, aspek konstruktif dinilai dari pengunaan kalimat serta bahasa yang digunakan dalam lembar kerja, dan aspek teknis dilihat dari tampilan, judul, desain, dan lain-lain. Teknik analisis dilakukan dengan cara menghitung hasil validitas lembar kerja dari 3 validator yakni, 2 dosen ahli dan 1 guru SMA. Hasil analisis terhadap lembar kerja menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari ketiga validator pada aspek didaktik sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid, pada aspek konstruktif sebesar 100% dengan kategori sangat valid, dan pada aspek teknis sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut nilai rata-rata validitas dari seluruh aspek didapatkan nilai sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kerja pada materi pemanasan global berbasis argumentasi toulmin untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Lembar kerja, Argumentasi toulmin, Pemanasan global, Pemecahan masalah