Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains dengan Model Guided Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Kelas XI SMA Negeri 1 Krian Sidoarjo

  • Angga Riantino
  • Wasis -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi elastisitas setelah dilakukan pembelajaran berorientasi keterampilan proses sains dengan model guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan desain one group pretest-posttest design serta menggunakan replikasi 3 kelas. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Krian yang berjumlah 5 kelas. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas untuk penentuan sampel, digunakan 3 kelas replikasi yang sudah terdistribusi normal dan homogen yaitu kelas XI IPA 2, XI IPA 4, dan XI IPA 5. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu pembelajaran berorientasi keterampilan proses sains dengan model guided discovery, variabel terikat yaitu peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan respons siswa, serta variabel kontrol yaitu guru, waktu pembelajaran, dan materi elastisitas. Diketahui bahwa hipotesis yang diajukan, H0 yaitu peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa tidak signifikan, dan H1 yaitu peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa signifikan. Berdasarkan analisis uji-t peningkatan (gain), diperoleh bahwa thitung ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan taraf kesalahan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada ketiga kelas replikasi yaitu kelas XI IPA 2, XI IPA 4, dan XI IPA 5 mengalami peningkatan yang signifikan. Keterlaksanaan pembelajaran berorientasi keterampilan proses sains dengan model guided discovery memperoleh nilai rata-rata dengan kategori sangat baik. Respons siswa dari ketiga kelas juga menunjukkan persentase tinggi dengan kriteria baik.
Kata Kunci: Keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis, model guided discovery.
Abstract
This study aims to analyze the improvement of students' critical thinking skills on subject material of elasticity after the learning-oriented on science process skills with guided discovery model had be done. This type of research is the pre-experimental design with one group pretest-posttest design and use replication 3 classes. The population of this study was the students of class XI science in SMA Negeri 1 Krian, amounting to 5 classes. After testing for normality and homogeneity test to the sample determination, 3 classes replication that have been normally distributed and homogeneous is used, they are class XI IPA 2, XI IPA 4, and XI IPA 5. The variables of this study include the independent variable-oriented learning science process skills with guided discovery models, the dependent variable is the improvemet of students' critical thinking skills, feasibility study, and the response of the students, as well as control variables, namely teachers, learning time, and the material elasticity. It is known that the proposed hypothesis, Ho is the improvement of students' critical thinking skills are not significant, and H1 is an improvement of students' critical thinking skills significantly. Based on t-test analysis of the increase (gain), found that tcount ≥ ttable then Ho is rejected and H1 is accepted with a 5 % error level. It shows that the critical thinking skills of students in the 3 replication classes, they are class XI IPA 2, XI IPA 4, and XI IPA 5 has increased significantly. The learning-oriented on science process skills with guided discovery models obtained average scored with very good category. The response of the three clsasses students also showed a high percentage with good criteria.
Keywords: Science process skills, critical thinking skills, guided discovery models.
Published
2014-02-12
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 23