MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKANDI MAN 3 KEDIRI

  • MOH. MUNDZIRUL MUFID

Abstract

Manajemen merupakan kegiatan yang mengelola berbagai sumberdaya yang dijalan kan oleh beberapa orang secara bekerja sama terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan guna untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Pengelolaan sarana dan prasarana di sekolah juga mendukung terhadap keberhasilan proses kegiatan yang ada di sekolah dan juga pembelajaran dibutuhkan pengelolaan sarana prasarana secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Mengenai perencanaan sarana dan prasarana di MAN 3 Kota Kediri, (2) Mengenai penghapusan sarana dan prasarana di MAN 3 Kota Kediri, (3) Tentang pembangunan asrama di MAN 3 Kota Kediri, (4) Usaha-usaha yang dilakukan terkait manajemen sarana dan prasarana dalam upaya peningkatkan mutu pendidikan di MAN 3 Kota Kediri.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kota Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan tanpa mempengaruhi subjek penelitian dan dilakukan di lapangan. Untuk mengumpulkan data yang relevan untuk menjawab fokus penelitian, maka skripsi ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam melakukan analisis kebutuhan yang dilakukan dengan menentukan program atau tujuan apa yang ingin dicapai dalam jangka waktu waktu tertentu, (2) Penghapusan barang dilakukan dengan cara dilelang dengan prosedur tertentu, (3) tujuan dari adanya pembangunan asrama sekolah sebagai pembentukan karakter dari segi islami, (4) usaha-usaha yang dilakukan MAN 3 Kota Kediri dengan pengoptimalan penggunaan dan pemeliharaa sarana prasarana, serta kerja sama yang baik.
Kata kunci: manajemen sarana dan prasarana, mutu pendidikan

Published
2016-04-08
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 571