PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN KEJURUAN JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DALAM RANGKA MENYIAPKAN CALON TENAGA KERJA SIAP PAKAI (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 5 SURABAYA)

  • Suherman

Abstract

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil oleh dunia industri, Sekolah Menengah Kejuruan memiliki peran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan terampil, kunci kesuksesan Sekolah Menengah Kejuruan adalah terletak pada pengembangan kurikulum yang didasarkan pada kebutuhan dunia industri yang sedang berkembang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fokus penelitian yang meliputi (1) Perencanaan kurikulum kejuruan di jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Surabaya, dan (2) Kendala yang dihadapi dalam proses kegiatan perencanaan kurikulum kejuruan di jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari wawancara mendalam dengan informan, observasi non partisipan, dan dokumentasi yang dilakukan dengan cara: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan (1) kredibilitas melalui triangulasi sumber dan teknik; (2) transferabilitas; (3) dependabilitas; dan (4) konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kurikulum di jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Surabaya didahului dengan mengundang pihak-pihak yang berkepentingan seperti industri, dinas pendidikan kota dan akademisi kegiatani ini disebut sinkronisasi kurikulum; (2) kegiatan perencanaan kurikulum di jurusan Teknik Kendaraan Ringan melibatkan semua guru yang ada di jurusan; (3) sumber belajar siswa berasal dari dunia industri, internet, dan siswa yang sedang melakasanakan magang; (4) Peran dan kontribusi dunia usaha terhadap jurusan Teknik Kendaraan Ringan sangat besar dan membantu dalam pencapaian kompetensi siswa; (5) Faktor yang membuat siswa di rekrut saat magang adalah karena faktor keterampilan dan soft skill yang dimiliki siswa; (6) Pengurangan jam belajar pada struktur kurikulum 2013 berakibat kurang maksimalnya siswa belajar di sekolah sehingga keterampilan yang dimiliki siswa dirasa kurang oleh pihak industri; (7) Kendala dalam proses kegiatan perencanaan kurikulum adalah menghadirkan pihak industri secara lengkap, selebihnya kendala yang dihadapi adalah lebih pada saat pelaksanaan.

Kata kunci: Perencanaan Kurikulum, Pendidikan Kejuruan.

To meet the needs of skilled manpower by the industry, Vocational High School has a role to produce a superior human resources and skilled, the key to success Vocational High School is located on developing curriculum based on the needs of the emerging industries. This study aimed to describe the focus of research includes (1) Planning vocational curriculum in Lightweight Vehicle Engineering Department of State Vocational High School 5 Surabaya, and (2) Obstacles encountered in the process of planning activities vocational curriculum in Lightweight Vehicle Engineering Department of State Vocational High School 5 Surabaya. The approach used in this study is a qualitative approach with case study design. The data obtained in this study comes from in-depth interviews with informants, non-participant observation, and documentation is done by: (1) data reduction; (2) data serving; (3) conclusion and verification of data. Data validation was done by (1) credibility through triangulation of sources and techniques; (2) transferability; (3) dependability; and (4) confirmability. The results showed that (1) planning the curriculum in the Department of Mechanical Light Vehicle State Vocational High School 5 Surabaya preceded by inviting interested parties such as industry, academia and the city education department is called synchronization curriculum activities; (2) curriculum planning activities in the Department of Mechanical Light Vehicle involve all the teachers in the department; (3) learning resources students come from the industrialized world, the Internet, and students who are conducting an internship; (4) The role and contribution of the business world to the Light Vehicle Engineering department is huge and assist in the achievement of student competencies; (5) The factors that make students were recruited when the internship is because of the skills and soft skills of the students; (6) Reduction of hours of study in the curriculum structure in 2013 resulted in less maximum students learn in school and the skills of the students felt less by the industry; (7) Constraints in the process of curriculum planning is to deliver the industry completely, the remaining obstacles faced was older at the time of implementation.

Keywords: Curriculum Planning, Vocational Education.

Published
2016-05-30
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 324