IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DI SMA NEGERI 3 SIDOARJO
Abstract
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DI SMA NEGERI 3 SIDOARJO
Desy Alfianita.E
Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
E-mail: desynita05yahoo.co.id
Karwanto
E-mail: karin_haidar@yahoo.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi pendidikan karakter 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) di SMA Negeri 3 Sidoarjo yang meliputi (1) implementasi pendidikan karakter 5S di SMA Negeri 3 Sidoarjo, (2) implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Sidoarjo, (3) peran aktif guru dalam mengembangkan5S di Sma Negeri 3 Sidoarjo, (4) membangun budaya karakter 5S di SMA Negeri 3 sidoarjo, (5) usaha-usaha yang dilakukan dalam upaya meningkatkan implementasi pendidikan karakter 5S di SMA Negeri 3 sidoarjo. Penelitian inimenggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru ekstrakurikuler,guru kelas dan siswa kelasX, XI, dan XII SMA Negeri 3 Sidoarjo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumen. Proses analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa SMA Negeri 3 Sidoarjo melaksanakan pendidikan karakter melalui budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). (1) implementasi pendidikan karakter 5S di SMA Negeri 3 Sidoarjo, (2) implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Sidoarjo, (3) peran aktif guru dalam mengembangkan5S di Sma Negeri 3 Sidoarjo, (4) membangun budaya karakter 5S di SMA Negeri 3 sidoarjo, (5) usaha-usaha yang dilakukan dalam upaya meningkatkan implementasi pendidikan karakter 5S di SMA Negeri 3 sidoarjo
Kata kunci: pendidikan karakter, 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DI SMA NEGERI 3 SIDOARJO
Desy Alfianita.E
Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
E-mail: desynita05yahoo.co.id
Karwanto
E-mail: karin_haidar@yahoo.com
Abstract
This study had been purposed to describe the implementation of 5S-character education(Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) in SMA Negeri 3 Sidoarjo which includes (1) the implementation of 5S-character educationin SMA Negeri 3 Sidoarjo, (2) the implementation of character education in SMA Negeri 3 Sidoarjo, (3) the activ role of teachers in encouraging 5S habit in Sma Negeri 3 Sidoarjo, (4) the encouragement of 5S characterin SMA Negeri 3 Sidoarjo, (5) the efforts made in improving the implementation of 5S-character educationin SMA Negeri 3 sidoarjo. This study used descriptive qualitative research design with case study type. Subjects of the study are the principal, extracurricular teachers, teachers and students of class X, XI, and XII in SMA Negeri 3 Sidoarjo. Data were collected byusing observation, field notes, interviews, and documents. The process of data analysis consists of reducing the data, presenting and concluding. the data validity used triangulation of sources and techniques.The result of the study showed thatSMA Negeri 3 Sidoarjo had implementedcharacter education through 5S habit (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) 1) the implementation of 5S-character educationin SMA Negeri 3 Sidoarjo, (2) the implementation of character education in SMA Negeri 3 Sidoarjo, (3) the activ role of teachers in encouraging 5S habit in Sma Negeri 3 Sidoarjo, (4) the encouragement of 5S characterin SMA Negeri 3 Sidoarjo, (5) the efforts made in improving the implementation of 5S-character educationin SMA Negeri 3 sidoarjo
Keywords : character education, 5S(Senyum/smile, Salam/greeting, Sapa/address, Sopan/polite, Santun/courteous)
PDF Downloads: 2342