SUPERVISI PEMBELAJARAN GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DALAM RANGKA PEMBINAAN GURU AL-QUR’AN DI YAYASAN SYAFA’ATUL QUR’AN INDONESIA KOTA SURABAYA

  • Dwega Arimurty

Abstract

Abstrak

Supervisi adalah kegiatan untuk melihat dan meninjau terhadap perwujudan kegiatan pembelajaran. Supervisi berarti layanan yang bersifat membimbing, memfasilitasi, memotivasi, serta menilai guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan profesinya secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pelaksanaan supervisi pembelajaran Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an di Yayasan Syafa’atul Qur’an Indonesia Kota Surabaya, (2) umpan balik pelaksanaan supervisi pembelajaran guru mata pelajaran Al-Qur’an di Yayasan Syafa’atul Qur’an Indonesia Kota Surabaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan melalui langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Pada penelitian ini, reduksi data artinya sebagai proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan data kasar yang muncul dalam catatan tertulis di lokasi penelitian, yakni di Yayasan Syafa’atul Qur’an Indonesia. Kemudian, pada penyajian data dilakukan peneliti dengan menyajikan data hasil reduksi berupa uraian tentang pelaksanaan dan umpan balik supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh Yayasan Syafa’atul Qur’an Indonesia. Tahap verifikasi, peneliti menyimpulkan untuk memperjelas hasil temuan penelitian tentang pelaksanaan dan umpan balik supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh Yayasan Syafa’atul Qur’an Indonesia. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Terdapat berbagai prosedur serta teknik yang digunakan dalam melaksanakan supervisi pembelajaran. Dengan adanya prosedur dan teknik yang digunakan, maka akan mempermudah pelaksanaan supervisi (2) Supervisi memberikan dampak positif bagi pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan guru menyusun kelengkapan administrasi. Kata kunci : Supervisi Pembelajaran, Umpan Balik Supervisi Pembelajaran.

Abstract

Supervision is an activity to view and review the learning activities. Supervising means an activity to guide, facilitate, motivate, and assess teachers in implementing teaching-learning activities and developing teaching profession effectively. This study aims to identify and explain: (1) how the implementation of Al-Qur’an teacher supervision at Indonesian Syafa’atul Qur’an Foundation in Surabaya, (2) the feedback on the implementation of Al-Qur’an teacher supervision at Indonesian Syafa’atul Qur’an Foundation in Surabaya.This study applied a qualitative approach using case study design. Data collection technique was conducted through observation, interviews, and documentationThe data was analyzed using descriptive qualitative analysis through: data reduction, data presentation, and conclusion verification. The validity of the data was tested by credibility, dependability, transferability, and confirmability tests. The results of the study are (1) There are various procedures and techniques used in carrying out the learning supervision and facilitating the implementation of supervision (2) Supervising gave positive impact on the implementation of teaching –learning activities and improved the teachers ability in preparing administrative requirements. Keywords: learning supervision, feedback on learning supervision.

Published
2016-12-30
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 33