SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SDIT UTSMAN BIN AFFAN SURABAYA

  • DINA SUMASTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang supervisi kunjungan kelas yang dilaksanakan kepala sekolah untuk menjaga kompetensi pedagogik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kunjungan kelas dilaksankaan melalui 3 tahapan yaitu: (a) proses persiapan; (b) pelaksanaan; dan (c) pendampingan, sedangkan upaya dalam pembinaan kompetensi pedagogik guru dilaksanakan dengan pembinaan internal kepala sekolah. Proses persiapan supervisi kunjungan kelas dilaksanakan kepala sekolah dengan mencatat kasus pendidik selama mengajar yang didapatkan dari hasil supervisi sebelumnya, wali murid/orang tua murid, peserta didik dan guru senior serta menentukan waktu pelaksanaan. Proses pelaksanaan supervisi kunjungan kelas dilaksanakan kepala sekolah secara langsung baik diluar maupun di dalam ruang kelas untuk memperoleh data mengenai kasus pendidik selama proses pembelajaran berlangsung. Pendampingan dilaksanakan kepala sekolah seperti konsultasi dengan tahap awal (membuat kesepakatan), tahap pelaksanaan (meengumpulkan data melalui pengamatan) dan tahap pasca pendampingan (pemberian solusi dan penjadwalan konsultasi berikutnya). Pembinaan internal yang diberikan kepala sekolah untuk guru dilakukan dengan pemberian tugas tambahan, rotasi mengajar dan evaluasi pembelajaran secara rutin melalui kegiatan rapat dengan dewan guru dan diskusi kelompok guru. Kompetensi pedagogik guru SDIT UBA Surabaya dapat dilihat dari kemampuan pendidik dalam menguasi materi yang diberikan, pemanfaatan media elektronik, mengetahui pemahaman peserta didik melalui evaluasi pembelajaran dengan memberikan tugas, mengembangkan bakat minat peserta didik, kesuaian proses pembelajaran dengan perangkat pembelajaran yang disusun dan memiliki attitude yang baik saat mengajar.

Kata Kunci: supervisi kunjungan kelas, pendampingan dan pembinaan.

Abstract

This research was aimed to know about the class visit supervision that was committed by principal to hold pedagogy competency. This research was done by using descriptive qualitative approach with case study plan. The result showed that class visit supervision was done by 3 steps, they were : a) preparing process b) the implementation c) accompaniment, meanwhile in leading teacher pedagogy competency was done by internal founding of principal. Class visit supervision preparing process was done by principal by noting a number of cases during teaching process that was collected from previous class visit, parents , students, senior teachers and also the timing of implementation. The implementation process of class visit supervision was done by principal directly in and out of the class in order to earn data about teacher’s case during teaching process. The accompaniment was done by principal such as doing consultation with an early stage (making a deal), implementation process (data collection by observation) and the post accompaniment stage (giving solution and scheduling the next consultation) .the internal foundingthat has been given by principal by giving extra assignment, teaching rotation and teaching evaluation in meetingand also by doing discussion among teachers. Pedagogy competence of the teacher of SDIT UBA Surabaya could be seen from the ability of the teacher in mastering the given material, the use of electronic facility, knowing the comprehension of the student by teaching evaluation with giving assignment, developing interest and talent of the student, the conformity of teaching process with teaching device that has been arranged and having a good attitude in teaching.

Keywords: class visit supervision, accompaniment and founding

Published
2017-01-05
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 48