PENGELOLAAN LIBRARY AUTOMATION SYSTEM PROFESSIONAL (LIANSPRO) DI PERPUSTAKAAN SD AL HIKMAH SURABAYA

  • DIGDO DWI ANTOKO PRABOWO

Abstract

Peningkatan budaya literasi di sekolah perlu adanya peran penting dari pelayanan di perpustakaan sekolah yang berkualitas. Dengan adanya sistem Library Automation System Professional (LIANSPRO) di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya memberikan dampak serta manfaat pada peningkatan minat baca siswa dan membangun budaya literasi di sekolah. Sistem Lianspro memberikan pelayanan perpustakaan yang prima pada siswa khususnya dari segi waktu yang efisien saat meminjam dan mengembalikan buku. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Pengelolaan Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya dengan metode evaluasi sistem Human Organizing Technology (HOT) Fit Model; (2) Kendala yang dihadapi dalam menjalankan perpustakaan berbasis Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya; dan (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam menjalankan perpustakaan berbasis Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependebilitas, dan uji konfirmabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Teknologi yang baik dan menunjang, struktur dan lingkungan organisasi yang mendukung, dan kemudahan serta kebermanfaatan pada pengguna sistem lianspro yang memberikan dampak efektif dan efeisien dengan pelayanan yang prima di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya. Komponen teknologi, organisasi, dan manusia menunjukkan hasil evaluasi sistem dengan metode HOT Fit Model yang menjelaskan bahwa pelaksanaan sistem lianspro di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya berjalan dengan baik dan memberikan manfaat untuk pengembangan budaya literasi di sekolah; (2) Pada penerapan sistem lianspro di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya terdapat beberapa kendala baik pada proses maupun manajemen yang tidak banyak seperti; (a) Belum adanya koneksi yang lebih luas sehingga belum bisa diakses secara online; (b) Belum bisa terhubung dengan big data pada sistem sekolah; dan (c) Beberapa kendala teknis seperti mati lampu, dan ancaman vrus dari luar karena masih belum memiliki sistem anti viirus yang kuat; dan (3) Upaya yang sudah dilakukan oleh manajemen SD Al Hikmah Surabaya dalam mengatasi kendala pada penerapan sistem lianspro di perpustakaan sudah dijalankan dengan baik, sebagai berikut: (a) Melakukan pengembangan sistem dengan menambah fitur-fitur seperti katalog online dan fitur yang dibutuhkan lainnya; (b) Menggunakan alat UPS untuk mencegah komputer sarver mati secara tiba-tiba saat pemadaman listrik; (c) Menambah anggaran untuk pembangunan perpustakaan dan pengembangan sistem lianspro ke arah digitalisasi perpustakaan; (d) Mengadakan pelatihan dan pembinaaan pada pustakawan dan peserta didik terkait dengan pelayanan sistem lianspro serta penggunaannya; dan (e) Melakukan kerja sama dengan stakeholder terkait perpustakaan dan pengembangan sistem lianspro. Berdasarkan hal tersebut saran yang dapat di buat yaitu pengembangan sistem lianspro ke arah digitalisasi perpustakaan untuk memperluas koneksi secara online sehingga dapat diakses dengan mudah di luar lingkungan perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya.

Kata Kunci : Pengelolaan, Sistem Lianspro, dan Perpustakaan

Published
2020-02-27
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 58