Efektivitas Layanan Khusus Kantin Digital (E-Canteen) Dalam Meningkatkan Digital Quotient Siswa

  • Erina Ashtye Mufidah Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Sistem pelayanan manual dari beberapa kantin sekolah cenderung bermasalah karena menimbulkan antrian, kesalahan, dan ketidaksesuaian pesanan sehingga tidak memenuhi standar kualitas layanan khusus sekolah pada era pendidikan 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan terkait efektivitas layanan khusus kantin digital (e-canteen) dalam meningkatkan digital quotient siswa. Penulisan artikel ini menggunakan metode literature review yang mencakup langkah identifikasi, evaluasi, dan sintesis terhadap temuan-temuan terdahulu. Adapun analisis isi dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisa secara mendalam data penelitian baik informasi tertulis maupun yang tercetak dalam media masa. Langkah-langkah analisis isi diawali dengan perumusan masalah penelitian, penentuan metode dan desain penelitian, pencarian data pokok dari temuan terdahulu, dan mengaitkan pengetahuan kontekstual dengan faktor-faktor lain. Berdasarkan kajian pustaka diperoleh kesimpulan hasil bahwa e-canteen menjadi aplikasi kantin dengan basis digital yang tidak sekedar menanamkan pembiasaan pola hidup sehat sekaligus menstimulus siswa untuk mengembangkan digital quotient dengan penggunaan teknologi digital e-canteen. Siswa tidak sekedar cakap mengoperasikan namun juga memanfaatkan dengan baik dan benar didukung dengan infrastruktur yang memadai dapat mewujudkan pembiasaan siswa pada pelayanan kantin sehat dan peningkatan kecerdasan digital siswa sehingga membawa pengembangan berkelanjutan dan meningkatkan kualitas sekolah dan lulusannya. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi e-canteen dalam layanan khusus sekolah cukup efektif dalam meningkatkan digital quotient siswa.

Published
2021-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 962
PDF Downloads: 3666