Optimalisasi Sarana Prasarana Berbasis IT Sebagai Penunjang Pembelajaran Dalam Jaringan

  • Achmad Candra Wijasena STATE UNIVERSITY OF SURABAYA
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses optimalisasi sarana dan prasarana penunjang pembelajaran berbasis IT di era Revolusi Industri 4.0 menuju era Society 5.0. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan menganalisis artikel dalam jurnal nasional maupun internasional. Adapun tahapan penelitian meliputi identifikasi topik permasalahan, klasifikasi kajian pustaka yang relevan dan penarikan kesimpulan untuk menjawab topik permasalahan. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa pengoptimalan manajemen sarana dan prasarana berbasis informasi teknologi memegang peranan penting terhadap kualitas pendidikan. Optimalisasi sarana prasarana berbasis informasi teknologi merupakan keseluruhan proses pendayagunaan sarana dan prasarana berbasis Informasi dan Teknologi seperti pada platform pembelajaran, E- Library, kantin digital yang mengintegrasikan pengunaan Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) baik langsung maupun tidak langsung dalam menunjang proses penyelenggaraan pendidikan untuk meraih hasil yang maksimal. Tahapan yang harus dilalui yaitu (1) tinjauan penggunaan fasilitas (2) menilai kondisi fasilitas untuk menentukan tingkat pemeliharaan yang ditangguhkan; (3) menentukan keuangan atau anggaran yang dibutuhkan (4) perencanaan untuk tujuan jangka panjang (5) mengevaluasi kegiatan secara teratur. Adapun beberapa aspek yang harus diperhatikan yakni kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, pendanaan yang berkelanjutan dan kebutuhan sarana dan prasarana sekolah harus dimasukkan kedalam rencana strategis sekolah.

Published
2021-03-18
Section
Articles
Abstract Views: 1066
PDF Downloads: 4779