Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Kompetensi Manajerial Untuk Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19

  • Putri Ayu Ajeng Lutfiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

“Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Kompetensi Manajerial untuk Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19” (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lamongan)” ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, tindak lanjut, serta faktor pendukung dan faktor penghambat peran     kepala sekolah dalam menerapkan kompetensi manajerial untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran pasca pandemi covid–19 di SMK Negeri 1 Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam menerapkan kompetensi manajerial untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran setelah adanya pandemi covid–19 di SMK Negeri 1 Lamongan meliputi: (1) tahapan perencanaan, kepala sekolah melaksanakan rapat forum pimpinan untuk membahas isu-isu kebijakan penyelenggaraan pembelajaran pasca pandemi covid-19 sebagai dasar penyusunan program sekolah; (2) tahapan pengorganisasian, kepala sekolah menerapkan aturan dan penugasan yang disusun untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran; (3) tahapan pelaksanaan pembelajaran pasca pandemi covid-19 meliputi pembelajaran daring dengan menggunakan platform tertentu, penerapan pembelajaran luring secara bertahap dengan waktu terbatas, penerapan kurikulum SMK-PK (kurikulum baru yang disesuaikan dengan pembelajaran pasca pandemi covid-19), dan penerapan program flipping classroom; (4) tahapan pemantauan kepala sekolah memastikan pelaksanaan pembelajaran agar sesuai dengan perencanaan dengan mengambil  langkah supervisi kelas; (5) tahapan evaluasi kepala sekolah terbagi menjadi dua bentuk kegiatan, yaitu evaluasi harian dan evaluasi bulanan; (6) tahapan tindak lanjut kepala sekolah menyusun opsi perbaikan sesuai dengan kendala yang dihadapi sekolah pada pelaksanaan pembelajaran pasca pandemi covid-19

Kata Kunci: Peran kepala sekolah, kompetensi manajerial, pelaksanaan pembelajaran pasca pandemi covid-19

 

Published
2022-02-09
Section
Articles
Abstract Views: 207
PDF Downloads: 643