PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK MELALUI PENGELOLAAN SMK PUSAT KEUNGGULAN (PK) DI SMK NEGERI 1 KOTA PROBOLINGGO

Amdi Nur Arifitin Nadiya, Shelly Andari

  • Amdi Nur Arifitin Nadiya Universitas Negeri Surabaya
  • Shelly Andari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program SMK PK. Peneliti telah melaksanakan penelitian secara kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara telah dilakukan dengan Kepala Sekolah, Ketua Jurusan Manajemen Perkantorandan Rekayasa Perangkat Lunak, Waka Kurikulum, Waka Sarana dan Prasarana serta Guru Manajemen Perkantoran dan Rekayasa Perangkat Lunak. Observasi dilakukan pada gedung pusat keunggulan serta studi dokumentasi pada kegiatan PK yang telah dilaksanakan oleh sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengelolaan Program SMK PK melewati beberapa tahapan yakni pendaftaran Sekolah Pusat keunggulan dan seleksi secara administratif serta wawancara untuk menentukan kelayakan sekolah dalam menerapkan program SMK PK. Lalu kepala sekolah berperan dalam setiap tahapan yakni mulai pada proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program serta adanya peningkatan kompetensi baik secara pengetahuan dan keterampilan peserta didik setelah diterapkannya program SMK PK di SMK Negeri 1 Kota Probolinggo.

Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, SMK PK, Kompetensi Peserta Didik SMK

 

Published
2023-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 194