KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DI THAILAND

  • Azrial Rizky Al Ubaid's Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah, yang mencakup kemampuan mengimplementasikan visi dan misi, memberikan dorongan yang menginspirasi, mengembangkan ide kreatif, dan memberikan perhatian individu dalam pembelajaran di Sekolah Tessaban Mueang Padangbesar, Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan melibatkan subjek penelitian berupa kepala sekolah, dua guru, dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dijamin melalui triangulasi sumber, waktu, dan member check. Data dianalisis dengan metode kualitatif berdasarkan model interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup tahap pengumpulan data, kondensasi, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah telah berperan penting dalam memajukan keberhasilan sekolah melalui kemampuan mengimplementasikan visi dan misi, dengan melibatkan seluruh warga sekolah, mengkomunikasikan dengan jelas, dan mengembangkan strategi efektif. (2) Dorongan yang menginspirasi dari kepala sekolah, dengan menciptakan lingkungan pembelajaran positif dan memberdayakan, berperan penting dalam meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa, serta mendorong kemajuan guru dalam memberikan yang terbaik bagi sekolah. (3) Kepala sekolah mendukung eksplorasi ide kreatif dan pengembangan konsep baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan inovasi dan efektivitas pembelajaran. (4) Perhatian individu dalam pembelajaran, yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui pemantauan, bimbingan, penyesuaian strategi pembelajaran, serta melibatkan guru dan staf dalam pengembangan, berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Tessaban Mueang Padangbesar, Thailand

Published
2023-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 90