Peran Manajerial Kepala Sekolah Pada Program Sekolah Penggerak di SMA Labschool Unesa 1

  • Tutik Ashari Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran manajerial kepala sekolah pada Program Sekolah Penggerak di SMA Labschool Unesa 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran manajerial kepala sekolah pada Program Sekolah Penggerak di SMA Labschool Unesa 1 yakni: 1) peran kepala sekolah dalam merencanakan Program Sekolah Penggerak dengan memperkenalkan Program Sekolah Penggerak kepada pendidik melalui sosialisasi, kemudian menyusun dokumen-dokumen pembelajaran seperti KOSP, modul ajar, perangkat dan bahan ajar yang digunakan untuk acuan dalam proses pembelajaran. Setelah itu, kepala sekolah memperkenalkan Program Sekolah Penggerak kepada masyarakat atau wali murid berupa brosur dan pengadaan parenting; 2) peran kepala sekolah dalam mengorganisasikan Program Sekolah penggerak dengan membentuk Tim Komite Pembelajaran Program Sekolah Penggerak; 3) peran kepala sekolah dalam menggerakkan Program Sekolah Penggerak dengan mengikutsertakan pendidik pada pelatihan In House Training (IHT), mengadakan seminar secara internal untuk pendidik, dan memberikan arahan dalam pengelolaan kurikulum dan penyesuaian modul yang berkaitan dengan P5 pada KIPIN School; 4) peran kepala sekolah dalam pengawasan Program Sekolah Penggerak melalui monitoring yang dilakukan setiap hari dan evaluasi yang dilakukan dalam bentuk supervisi dan rapat evaluasi.

Published
2023-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 40