MANAJEMEN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN CEBICOMM (THE CLASS OF ENTREPRENEURSHIP BUILDING AND INNOVATIVE E-COMMERCE) DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA LABSCHOOL UNESA 1

  • Defa Lensiana Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program kewirausahaan CEBICOMM dan mendeskripsikan pembentukan karakter peserta didik melalui program kewirausahaan CEBICOMM di SMA Labschool UNESA 1. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program CEBICOMM meliputi tiga kegiatan yaitu: 1) Perencanaan program CEBICOMM dimulai pada tahun ajaran baru dengan melakukan rapat koordinasi terlebih dahulu bersama kepala sekolah; 2) Pelaksanaan program CEBICOMM dimulai dari kegiatan pembelajaran di kelas, pembentukan kelompok, pembuatan dan pembimbingan proposal bussiness plan, pembuatan produk serta pemasaran produk, dan acara puncaknya pameran produk peserta didik yang disebut Gebyar CEBICOMM; 3) Evaluasi program CEBICOMM dilakukan melalui evaluasi tertulis, evaluasi lisan, dan mereview langsung produk peserta didik. Proses pembentukan karakter peserta didik terbentuk selama proses pembelajaran dan pelaksanaan CEBICOMM itu berlangsung. Dari proses pembentukan karakter tersebut, karakter-karakter yang terbentuk dari pelaksanaan program CEBICOMM meliputi: keterampilan komunikasi, kolaborasi, kreatif, berpikir kritis, betanggung jawab, disiplin, berani mencoba, dan melatih jiwa kepemimpinan.

Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Pembentukan Karakter, CEBICOMM

Published
2023-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 28