Manajemen Program Kelas Tauhid Sebagai Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Religius Di Sma Lab School Upi Bandung

  • Lutfi Bayu Indarto Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto

Abstract

Kelas tauhid merupakan sebuah kelas yang dirancang khusus untuk mengembangkan pendidikan religi yang bernuansa islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dari kelas tauhid lewat 3 tahapan yaitu (1) Persiapan Program Kelas Tauhid di SMA Lab School UPI Bandung; (2) Pelaksanaan Program Program Kelas Tauhid di SMA Lab School UPI Bandung; (3) Evaluasi Program Program Kelas Tauhid di SMA Lab School UPI Bandung dengan menerapkan konsep pendidikan karakter religius. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sumber penelitian dari wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data yaitu kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Kelas Tauhid merupakan kelas kolaborasi antara SMA Lab School UPI dan Pondok Pesantren Daurid Tauhid dengan persiapan meliputi kurikulum, perancangan program dan persiapan fasilitas penunjang; (2) Pelaksanaan pembelajaran di kelas tauhid berbeda dengan kelas lain karena berorientasi tentang pendidikan agama serta terdapat beberapa program untuk pengembangan karakter religius peserta didik; (3) Evaluasi kelas tauhid terbagi dalam 4 waktu yaitu harian, bulanan, semeseter dan tahun ajaran, evaluasi ini kebanyakan berasal dari buku Mutaba’ah Yaumiyah serta hasil dari evaluasi ini akan selalu disampaikan ke orang tua siswa untuk pengembangan pendidikan karakter religius mereka di rumah.

Kata Kunci : Kelas Tauhid, Pendidikan Karakter Religius, Tauhid.

Published
2024-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0