Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 10 Mataram

  • Syahfiria Yulian Saputri Universitas Negeri Surabaya
  • Shelly Andari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kepuasan terhadap cara guru memimpin proses belajar, menganalisis tingkat motivasi belajar siswa, serta meneliti hubungan antara gaya kepemimpinan guru dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 10 Mataram. Penelitian ini menggunakan teori kepemimpinan dari Kartini Kartono dan teori motivasi belajar siswa dari John M. Keller. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi sederhana. Data dikumpulkan melalui kuesioner Likert kepada 272 siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP Negeri 10 Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kepemimpinan pembelajaran guru di SMP Negeri 10 Mataram berada pada tingkat sedang, (2) motivasi belajar siswa di SMP tersebut juga berada pada tingkat sedang, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan guru dengan motivasi belajar siswa (nilai signifikansi = 0,000 < 0,05). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan pembelajaran guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 10 Mataram. Oleh karena itu, peningkatan variasi dalam gaya kepemimpinan pembelajaran guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci : Kepemimpinan Pembelajaran Guru, Motivasi Belajar Siswa, Peserta Didik

Published
2024-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0