PELAKSANAAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWADI SMA NEGERI 1 PILANGKENCENG KABUPATEN MADIUN

  • GATHUT OKTRIAWAN SUMARSONO

Abstract

Manajemen peserta didik merupakan proses pendampingan pada peserta didik, dalam mengembangkan kemampuan yang dimiliki peserta didik agar dapat berkembang secara maksimal. Sub aspek yang di pakai dalam penelitian ini yaitu ; 1). Proses Bimbingan Konseling, 2). Pelaksanaan Upacara Bendera, 3). Kegiatan Ekstra Kurikuler, 4). Proses Pembelajaran, 5). Kegiatan Osis. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui pelaksanaan manajemen peserta didik terutama pada bidang pembinaan sebagai pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 1 Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumetasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling, kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru PKn, wali kelas, pembina ekstra kurikuler, peserta didik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah diskripsi kegiatan pelaksanaan manajemen peserta didik khususnya dalam bidang pendampingan siswa yang meliputi : 1). Proses Bimbingan Konseling, proses penanama karakter dilakukan melalui metode pelaksanaan layanan bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan karir yang mengacu pada standar kompetensi kemandirian peserta didik, proses bimbingan dilakukan mengutamakan kenyamanan siswa, bimbingan melibatkan semua tenaga pendidik dan kependidikan dan sekaligus kepala sekolah, Proses tidak melihat waktu dan tempat, 2). Pelaksanaan Upacara Bendera, proses penanaman karakter dilakukan secara rutin dan dijadikan media untuk penyampaian kebijakan dari sekolah, melibatkan pihak luar instansi agar siswa dapat menyerap pengetahuan langsung dari pelaku dan pakarnya secara langsung dan materi akan dapat di terima siswa dengan baik, upacara hanya menjadi salah satunya saja bukan satu-satunya media untuk pembentukan karakter, 3). Kegiatan Ekstra Kurikuler, dalam penanaman karakter masing-masing mempunyai peran sendiri-sendiri untuk pembentukan karakter siswa tetapi masih dalam satu tujuan dan kegiatan selaras dengan kurikulum yang berlaku 4). Proses Pembelajaran, dalam prosesnya di sisipkan materi pendidikan karakter, pembentukannya bisa melalui metode pembelajaran, penyampaian ceramah melalui contoh-contoh yang aplikatif, materi bimbingan konseling juga bisa di terapkan dalam metode pembelajaran, khususnya dalam layanan kelompok, 5). Kegiatan Osis, dalam proses penanaman karakter di jadikan sebagai wahana pengembangan pengetahuan untuk peserta didik dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, kepribadian dan budi pekerti luhur.
Kata kunci: manajemen peserta didik, pendidikan karakter

Published
2014-04-29
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 121