PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINANPADA PESERTA DIDIK DI SMA AL HIKMAH SURABAYA

  • YUNITA DYAH KUSUMANINGRUM

Abstract

 

Era globalisasi menjadi tantangan bagi generasi muda dalam pembentukan karakter diri. Maraknya pergaulan bebas, narkoba, tawuran dikalangan remaja menjadikan semakin rusaknya moral, intelektual dan fisik mereka. Jauhnya kehidupan anak-anak dari nilai agama merupakan salah satu dampak nyata perkembangan dan ekses global yang demikian deras tanpa adanya filter yang dapat menjadi perekat identitas yang cukup kuat. Pembangunan karakter adalah tujuan luar biasa dari sistem pendidikan yang benar. Pembinaan watak merupakan tugas utama pendidikan, menyusun harga diri yang kukuh, pandai, terampil, jujur, tahu kemampuan dan batas kemampuannya, mempunyai kehormatan diri. Oleh karena itu seorang guru harus mampu berperan dalam proses pembentukan karakter pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membenuk karakter kepemimpinan pada peserta didik di SMA Al Hikmah Surabaya. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Peranan guru dalam membentuk karakter kepemimpinan pada peserta didik di SMA Al-Hikmah Surabaya; (2) Kendala – kendala yang muncul dalam membentuk karakter kepemimpinan pada peserta didik di SMA Al-Hikmah Surabaya; (3) Usaha – usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala – kendala yang muncul dalam membentuk karakter kepemimpinan pada peserta didik di SMA Al-Hikmah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data penggunakan (1) wawancara mendalam, (2) observasi nonpartisipan, (3) studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) peran guru dalam membrntuk karakter kepemimpinan pada peserta didik di SMA Al Hikmah Surabaya dengan memberikan contoh perilaku yang baik kepada peserta didik, dan memberikan semangat motivasi pada peserta didik. (2) kendala yang muncul dalam membentuk karakter kepemimpinan pada peserta didik di SMA Al Hikmah Surabaya adalah faktor keluarga yaitu kurang mendapat perhatian dari orang tua, dan faktor lingkungan yaitu peserta didik sulit bersosialisasi dengan temanya, rasa kesadaran diri rendah, pacaran, merokok (siswa putra). (3) usaha yang di lakukan guru dalam membentuk karakter kepemimpinan pada peserta didik di SMA Al Hikmah Surabaya dengan cara guru melakukan pendekatan pada siswa, memberi motivasi, memberi teguran pada peserta didik yang mempunyai rasa kesadaran diri rendah
Kata Kunci : karakter, kepemimpinan, peserta didik

Published
2014-05-12
Abstract Views: 159
PDF Downloads: 221