STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DIMSUM STEAM DI CHINESE RESTAURANT HOTEL SHANGRI-LA SURABAYA

Authors

  • Diandari Ridhaningrat Universitas Negeri Surabaya
  • Lilis Sulandari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Setiap perusahaan pada umumnya menginginkan keberhasilan dalam menjalani bisnisnya. Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan dituntut untuk mencari alternatif-alternatif dalam hal menarik konsumen. Strategi yang dilakukan Hotel Shangri-La Surabaya untuk dapat bersaing dengan para kompetitornya adalah dengan Strategi Pengembangan Produk. Strategi Pengembangan ini merupakan strategi yang dirasa paling mudah untuk dikembangkan karena hanya mengandalkan bahan baku yang sama menjadi produk yang berbeda, jadi lebih menekankan pada inovasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk Dimsum Steam di Chinese Restaurant Hotel Shangri-La Surabaya. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Narasumber terdiri dari narasumber utama yaitu seorang Manager Dimsum Chef di Shang Palace, Chinese Restaurant Hotel Shangri-La Surabaya dan dua staff dimsum lainnya. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari empat hal utama, yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian pada Dimsum Steam di Chinese Restaurant Hotel Shangri-La Surabaya menunjukkan bahwa ada empat dimensi pengembangan yang digunakan sebagai salah satu upaya dalam memperbaiki kualitas produk agar tetap bisa menarik minat beli konsumen, yaitu Pengembangan Produk, Pengembangan Personil, Pengembangan Citra Hotel, dan Pengembangan Saluran Distribusi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 4