Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa PLP Prodi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya

  • Rima Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Durinda Puspasari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kesiapan Mengajar, Pengenalan Lapangan Persekolahan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2017 yang sudah melaksanakan kegiatan PLP sebanyak 93 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan bentuk sampling total, dimana jumlah sampel yang digunakan sama dengan jumlah populasi yaitu 93 mahasiswa. Uji coba instrumen dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas dalam uji heteroskedastisitas; 2) uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas NegeriĀ  Surabaya.

Published
2022-09-10
How to Cite
Damayanti, R., & Puspasari, D. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa PLP Prodi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(2), 115-131. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n2.p115-131
Section
Articles
Abstract Views: 414
PDF Downloads: 441