PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRIUNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA NEGERI 1 TUBAN (IMPLEMENTATION INQUIRY LEARNING MODEL FOR TRAINING CRITICAL THINKING SKILLS OF STUDENTS ON REACTION RATE MATTER XI GRADE OF SMA NEGERI 1 TUBAN)

  • USWATUN HASANAH AGUSTIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran inkuri, aktivitas siswa selama diterapkan model pembelajaran inkuiri, tingkat keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuri, dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuri pada materi pokok laju reaksi. Rancangan penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian Pra Eksperimen (pre experimental design) dengan pola One Group Pretest Postest Design. Metode penelitian yang digunakan adalah : 1) Metode Observasi berupa observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri dan observasi aktivitas siswa, 2) Metode tes berupa tes keterampilan berpikir kritis yang berada pada ranah kognitif C4 (analisis), C5 (evaluasi), dan C6 (kreasi) serta teshasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri (KMP)  pada pertemuan I, II, III termasuk ke dalam kategori sangat baik, secara berturut-turut adalah sebesar 3,65; 3,85 dan 3,88. 2) Aktivitas siswa pada pertemuan I, II, dan III mencerminkan bahwa aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh siswa mendukung model pembelajaran inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. 3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan kategori baik, dibuktikan nilai n-gain score <g> yang diperoleh adalah sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. 4) Ketuntasan klasikal yang diperoleh padahasil belajaradalah sebesar 100%, dengan standar nilai minimal sebesar 2,66dengan predikat baik.

Kata kunci:Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Berpikir Kritis, Laju Reaksi.

 

This study aims to determine the feasibility application of learning models inkuri, student activity during inquiry learning model is applied, the level of students' critical thinking skills through the application of learning models inkuri, and student learning outcomes after inkuri applied learning model on the subject matter of the reaction rate. The research design used is Pre Experimental Design with a pattern of One Group Pretest Posttest Design. The method used in this research are: 1) Methods of Observation form feasibility observation inquiry learning model and observation of student activity, 2) Method of test is test critical thinking skills that are in the cognitive domain C4 (analysis), C5 (evaluation), and C6 (creation) and test products (learning outcomes). The results showed that: 1) Feasibility of inquiry learning model at a meeting I, II, III belong to the category of very good, Managing Learning Ability average respectively amounted to 3.65; 3.85 and 3.88. 2) Activity of students at a meeting I, II, and III show that the activities undertaken by students to support inquiry learning model for training critical thinking skills. 3) Improved critical thinking skills with good categories, proved the value of n-gain score <g> obtained amounted to 0.73 with a high category. 4) Complete classical obtained on learning outcomes is at 100%, with a standard minimum value of 2.66 with a good rating..

Keywords:Inquiry Learning Model, Critical Thinking Skills, Reaction Rate 

Published
2015-01-29
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 30