PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI (IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE STAD BASED SAVI TO INCREASE STUDENT LEARNING OUTCOME IN REACTION RATE MATERIAL)

  • DWI BAGUS RENDY ASTID PUTERA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar siswa, dan respon siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis SAVI pada materi pokok laju reaksi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian preeksperimen atau eksperimen semudengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “one group pretest-posttest design”.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Widya Dharma Surabaya pada semester 1 tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar, dan angket respon siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kolaborasi yang sangat baik antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan SAVI.Sehingga dengan penerapan model pembelajaran ini setiap siswa memiliki persentase aktivitas yang dominan sesuai dengan gaya belajarnya. Semua gaya belajar yang dimiliki oleh siswa dapat terfasilitasi dengan baik pada model pembelajaran ini. Siswa dapat memaksimalkan proses belajar sesuai dengan gaya belajarnya yang ditandai pada peningkatan hasil belajar siswa setiap pertemuannya. Persentase peningkatan pada kategori sedang atau tinggi pertemuan pertama 90%, pertemuan kedua 95%, dan pertemuan ketiga 100% Serta siswa memberikan respon yang sangat baik khususnya pada motivasi dan minat siswa dalam penerapan model pembelajaran ini.

Kata Kunci: Kooperatif, STAD, SAVI

This study aims to determine the feasibility, student activities, improving student learning outcomes, and student responses after application of cooperative learning model STAD SAVI based on the subject matter of the reaction rate. This study was a quasi-experimental study with pre experiment or research design used is "one-group pretest-posttest design". The subjects were students of class XI SMA Widya Dharma Surabaya MIA in the 1st half of the school year 2014-2015, amounting to 19 students. The instrument used in this study is the observation sheet feasibility study, observation of student activity sheets, sheet test learning outcomes, and student questionnaire responses. The results of this study indicate that there is a very good collaboration between STAD cooperative learning with SAVI approach. So that the application of this model each student has a dominant percentage of the activity in accordance with the learning styles. All learning styles are owned by students can be facilitated by both on this model. Students can maximize the learning process according to the learning style that is marked on the improvement of student learning outcomes of each meeting. The percentage increase in the category of medium or high 90% first meeting, a second meeting 95%, and 100% as well as the third meeting of students responded very well, especially on students' motivation and interest in the application of this model.

 

KeywordCooperative, STAD, SAVI

 

Published
2015-06-05
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 57