PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERORIENTASI INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA WIDYA DARMA SURABAYA (THE DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET (LKS) ORIENTED INQUIRY TO PRACTICE HIGHER ORDER THINKING SKILL STUDENTS IN CHEMICAL BONDING MATERIAL CLASS X SMA WIDYA DARMA SURABAYA)

  • ERNITA VIKA AULIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berorientasi inkuiri pada materi ikatan kimia ditinjau dari kriteria materi/isi, bahasa, penyajian, kesesuaian dengan model pembelajaran inkuiri, kesesuaian dengan komponen keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian Research and Development (R&D) dan dibatasi hanya sampai tahap uji coba produk secara terbatas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar telaah, lembar validasi, lembar tes hasil belajar keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing aspek kelayakan LKS ditinjau dari kriteria materi/isi, bahasa, penyajian, kesesuaian dengan model pembelajaran inkuiri, kesesuaian dengan komponen keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan respon siswa mendapatkan persentase ≥ 61%. Berdasarkan persentase tersebut maka LKS yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, setelah digunakan LKS berorientasi inkuiri, hasil tes belajar keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa mengalami peningkatan dari pretest ke posttest dengan rata-rata n-gain score sebesar 0,66 dan termasuk dalam kategori cukup.

Kata kunci: LKS, berorientasi inkuiri, keterampilan berpikir tingkat tinggi, kelayakan.

This research aims to determine the feasibility of Student Worksheet (LKS) oriented inquiry in chemical bonding material in terms of the criteria of material/content, language, presentation, suitability with inquiry learning model, suitability with components of higher-order thinking skills, and student responses to the developed worksheet. The type of this research is development research using research design Research and Development (R & D) and limited until trials of product. The research instrument consisted of analysis sheet, validation sheet, sheets of achievement test higher order thinking skills, and sheets of student responses. The result showed that each of feasibility aspects in terms of criteria material/content, language, presentation, suitability with inquiry learning model, suitability with components of higher-order thinking skills, and student response get a percentage ≥ 61%. Based on this percentage, the developed worksheets is feasible to use in the learning process. In addition, after using worksheets oriented inquiry, the test result of higher order thinking skills student increased from pretest to posttest with an average n-gain score is 0.66 and included in category enough.

Keywords: LKS, inquiry-oriented, high-order thinking skills, the feasibility.

Published
2015-06-05
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 65