PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI  SMAN 1 SRESEH SAMPANG (IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING MODELS TO PRACTICE STUDENT’S CRITICAL THINKING SKILLS ON REACTION RATE SUBJECT IN XI CLASS SMAN 1 SRESEH SAMPANG)

  • NUR IMAMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi di kelas XI SMAN 1 Sreseh Sampang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian “One Group Pre-test Post-test Design”. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dengan kriteria sedang dan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan N-gain score pada keterampilan memfokuskan pertanyaan, mempertimbangkan kredibilitas sumber informasi, mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi, serta menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi berturut-turut sebesar 0,67; 0,81; 0,75; dan 0,82. Secara keseluruhan, sebanyak 85% siswa mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan kriteria tinggi dan 15% siswa mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan kriteria sedang.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Berpikir Kritis, Laju Reaksi

The aims of this research is to describe critical thinking skill of students on reaction rate subject in XI class of SMAN 1 Sreseh Sampang. This research is descriptive quantitative research with “One Group Pre-test Post-test Design”. The research instrument used was test-sheet of critical thinking skill. The result of this research showed that the student’s critical thinking skills increased with medium and high criteria. This proofed by N-gain score of skill to focus on a question, judge the credibility of a source information, observe and judge observation reports, and make induction and judge induction result serially are 0,67; 0,81; 0,75; and 0,82. Totally 85% students get increasing critical thinking skills with high criteria and 15% students get increasing critical thinking skills with medium criteria. 

Keywords: Inquiry Learning Models, Critical Thinking Skills, Reaction Rate


Published
2015-06-05
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 110