PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MADIUN (IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING MODELIN THE BUFFER SUBJECT MATTERTO TRAIN CRITICAL THINKING SKILL STUDENT CLASS XI SMAN2 MADIUN)

  • RISMA DEVI KURNIAWATI BM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri dan melatih keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pra eksperimen dengan rancangan penelitian “One Group Pretest Posttest Design”.Sasaran penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI 2 SMA Negeri 2 Madiun yang berjumlah sebanyak 22 siswa.Instrumen penelitan yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri dan lembar soal keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri pada materi pokok larutan penyangga untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Madiun baik dengan persentase rata-rata keterlaksanaan pada pertemuan pertama sebesar 88,89% yang dikategorikan sangat baik, pertemuan kedua sebesar 92,59% yang dikategorikan sangat baik dan pertemuan ketiga sebesar 96,3% yang dikategorikan sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa terjadi peningkatan nilai pretest dan nilai posttest pada pertemuan pertama dengan nilai <g> 0,58 yang dikategorikan sedang, pada pertemuan kedua dengan nilai <g> 0,62 yang dikategorikan sedang dan pertemuan ketiga dengan nilai <g> 0,53 yang dikategorikan sedang.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga

This study aims  to determine the feasibility of learning and train critical thinking skills after the implementation inquiry learning model in buffer material. The type of this research was pre experimental design and design of this research was One-Group Pretest-Postest Design. The subject of this research were critical thinking students XI 2 student in SMA Negeri 2Madiunwhichamounted toas much as22students. The instruments that used were observation sheet of inquiry learning model feasibility and sheet test of critical thinking skill. The result of this research showed that  inquiry learning model feasibility  with the average percentage at meeting I was 88,89% were considered excellent, at meeting II was 92,59%  were considered excellent and meeting III was 96,3% were considered excellent. The ability of student critical thinking  by the increase in the value of pretest and posttest value at the first meeting with a value of <g> 0.58 were considered medium, at the second meeting with the value of <g> 0.62 were considered medium and the third meeting with the value of <g> 0, 53 were categorized as medium.

Keywords: Inquiry Learning Model, Critical Thinking Skill, Buffer.

Published
2015-06-05
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 46