KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMAN 18 SURABAYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (RESPONSIBILITY CHARACTER OF STUDENTS IN THE SALT HYDROLYSIS MATTER CLASS XI IN SMAN 18 SURABAYA BY IMPLEMENTATION OF JIGSAW COOPERATIVE LEARNING MODEL )

  • ANITA HADI PRATIWI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melatihkan karakter tanggung jawab siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi hidrolisis garam. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 18 Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Shoot Case Study. Instrumen yang digunakan adalahlembar pengamatan aktivitas siswa untuk mengamati karakter tanggung jawab siswa, dan lembar Posttest hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jumlah siswa (dalam %) yang memiliki karakter tanggung jawab dengan predikat cukup; baik; dan sangat baik pada pertemuan 1 berturut-turut sebesar 3,57%; 57,14%; dan 39,29%, pada pertemuan 2 berturut-turut sebesar 0,00%; 35,71%; dan 64,29%, pada pertemuan 3 berturut-turut sebesar 0,00%; 21,43%; dan 78,57%; (2) Hasil belajar siswa dalam ranah kognitif pada pertemuan 1, 2, dan 3 telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 75,00% pada pertemuan 1, 100,00% pada pertemuan 2, dan 92,86% pada pertemuan 3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Hidrolisis Garam dapat melatihkan karakter tanggung jawab siswa kelas XI IPA 1 SMAN 18 Surabaya.

Kata-kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Karakter Tanggung Jawab, Materi Hidrolisis Garam.

This study aims to train student’s responsibility character by implementation ofjigsaw cooperative learning models in the salt hydrolysis matter. The subject of this research were XI IPA 1 students in SMAN 18 Surabaya. Design of this research was One Shoot Case Study. The instruments that used were observation sheet of students activityto observed student’s responsibility character, and learning outcome sheet (Posttest). The result of this research showed that (1) The percentage of student who have enough; good; and very good category in responsibility characterin the first meeting was 3,57%; 57,14%; and 39,29%, in the second meeting was 0,00%; 35,71%; and 64,29%, in the third meeting was 0,00%;21,43%; and 78,57%; (2) student’s learning outcome in cognitive domain in the first, second, and third meeting has achieved classical completeness 75,00% in first meeting, 100,00% in second meeting, and 92,86% in third meeting. So, it could be concluded that implementation of jigsaw cooperative learning model in salt hydrolysis matter was able to train student’s responsibility character in XI IPA 1 class of SMAN 18 Surabaya.

Keywords: Jigsaw Cooperative Learning Model, Responsibility Character, Salt Hydrolysis Matter.

Published
2015-06-05
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 108