IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING APPROACH TO IMPROVESTUDENT CRITICAL THINKINGSKILLSON SALTHYDROLYSISMATERIALSIN CLASS XI MIA SMAN 18 SURABAYA  

  • SUWITON

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, aktivitas siswa, danketerampilan berpikir kritis siswa setelah dilaksanakan pendekatan CTL pada materi hidrolisis garam, ada tidaknya peningkatan setelah diterapkannya pendekatan CTL ini.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan tujuan mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dilihat dari tes keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok hidrolisis garam dengan pendekatan CTL.Sasaran penelitian ini adalah siswakelas XI MIA di SMAN 18 Surabaya dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pendekatan CTL; lembar pengamatan aktivitas siswa; dan lembar tes keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka (1) Keterlaksanaan pendekatan CTL untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa mendapatkan nilai Kemampuan Mengelola Pembelajaran (KMP) rata-rata pada pertemuan I, II, dan III adalah sebesar 3,5; 3,7; dan 3,8; ketiganilai KMP ini termasuk dalam criteria sangat baik. (2) Berdasarkan hasil persentase aktivitas siswa selama 60 menit kegiatan berlangsung, secara keseluruhan aktivitas siswa sudah baik, dan mendukung pendekatan CTL untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis baik pada pertemuan I, II, dan III. (3) Melaluipendekatan CTL keterampilan berpikir kritis siswadapatdilatihkan dengan adanya peningkatan nilai pretest dan posttest dengan nilai<g>sebesar 0,86dengan kategori tinggi.

Kata Kunci:Pendekatan CTL, Keterampilan Berpikir Kritis, Hidrolisis Garam

This study aims to determine the feasibility, student activities, and critical thinking skills of students after CTL approach implemented in salt hydrolysis material, whether there is an increase after the implementation of this CTL approach. This type of research is a quantitative descriptive research, with the aim of describing systematically, factual, and accurate to the critical thinking skills of students seen from test students' critical thinking skills in the subject matter of salt hydrolysis with CTL approach. The target of this research is a class XI student MIA at SMAN 18 Surabaya with research design one group pretest-posttest design. instruments used in this research is the observation sheet feasibility CTL approach; observation of student activity sheet; and critical thinking skills test sheet. Based on the results of research and discussion, then (1) Feasibilityof CTL approach to enhance critical thinking skills students gain value Managing Learning Ability (KMP) on average at a meeting I, II, and III are at 3.5; 3.7; and 3.8; KMP's third value included in the criteria very well. (2) Based on the percentage of student activity during the 90 minutes of activity takes place, overall activity has been good students, and support CTL approach to enhance critical thinking skills either at a meeting I, II, and III. (3) Through the CTL approach students' critical thinking skills can be trained by an increase in the value of pretest and posttest with a score of <g> of 0.9 to a high category.

Keywords: CTL approach, Critical Thinking Skills, Hydrolysis of Salts

Published
2015-06-05
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 31