IDENTIFICATION OF STUDENT’S METACOGNITIVE CHARACTERISTIC AND ITS LEVEL PATTERN IN PROBLEM SOLVING OF CHEMICAL BONDING MATTER IN SMAN 1 KRIAN

  • SITI MASRIFAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola karakteristik dan level metakognitif siswa dalam memecahkan masalah pada materi ikatan kimia di SMAN 1 Krian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 9 siswa kelas X MIA 7 SMA Negeri 1 Krian yang terdiri dari tiga kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang, dan rendah serta instrumen utamanya adalah peneliti. Data yang dikumpulkan antara lain jawaban tes tulis dan wawancara yang didukung dengan camera recorder serta catatan lapangan dan dicek keabsahannya melalui triangulasi metode. Metode yang digunakan adalah observasi hasil tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelompok tinggi memiliki karakteristik metakognitif pada aktivitas perencanaan yaitu berpikir/ membaca/ menulis apa yang diketahui (P-1), menetapkan strategi penyelesaian masalah (P-3), dan merencanakan suatu representasi persamaan atau gambar untuk mendukung pemahaman (P-5); aktivitas pemantauan yaitu menggunakan aturan persamaan (M-2), memantau sesuatu yang dianggap kesalahan (M-3), memantau dengan cermat dalam penyelesaian masalah (M-4), dan memantau dengan berargumentasi (M-5); aktivitas refleksi yaitu merefleksi pada konsep/ tujuan yang telah dicapai (R-1) dan merefleksi penerapan/ penggunaan strategi yang lebih efisien (R-2) serta menempati level reflective use. Kelompok sedang memiliki karakteristik metakognitif yaitu (P-1), (P-3), (P-5), (M-3), dan (M-4) serta menempati level strategic use. Kelompok rendah memiliki karakteristik metakognitif yaitu (P-1), (P-3), (P-5), dan (M-4) serta menempati level aware use.

Kata kunci: Karakteristik dan Level Metakognitif, Memecahkan Masalah, Ikatan Kimia.

The purpose of this research was to describe the student’s metacognitive characteristic and its level pattern in problem solving of chemical bonding matter in SMAN 1 Krian. The type of this research is qualitative research. The subjects were 9 students of class X MIA 7 SMAN 1 Krian which consists of three groups: high, moderate, and low group and the main instrument was the researcher. Data collected include written test answer and interview that are supported by camera recorder and field notes and subsequently checked for validity through triangulation method. Observation of written test results and interview method was used in this research. The result of research shows that students in high group have metacognitive characteristics in planning activities that are thinking/ reading/ writing what is known (P-1), defining problem-solving strategies (P-3), and planning an equation or picture representation to support understanding (P-5); monitoring activities that are using the rule (M-2), monitoring what is considered error (M-3), monitoring carefully in problem solving (M-4), and monitoring by arguing (M-5); reflection activities that are reflecting the concept/ objectives have been achieved (R-1) and reflecting the implementation/ use of more efficient strategies (R-2) and placed in reflective use level. Students in moderate group have metacognitive characteristics (P-1), (P-3), (P-5), (M-3), and (M-4) and placed in strategic use level. Students in low group have metacognitive characteristics (P-1), (P-3), (P-5), and (M-4) and placed in aware use level.

Keywords: Metacognitive Characteristic and Level, Problem Solving, Chemical Bonding

Published
2015-06-05
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 21