DEVELOPMENTROLE PLAYINGGAME OFCOLLISIONTHEORYFORLEARNING MEDIAINSUBTOPICFACTORSAFFECTING THEREACTIONRATEFORXI GRADE SENIOR HIGH SCHOOL

  • SYIFA SALIMA

Abstract

Penelitian dan pengembangn ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan Role Playing of Collision Theory yang dikembangkan sebagai media pembelajaran  pada Pada Sub PokokFaktor-faktor yang MempengaruhiLajuReaksi yang ditinjau dari validasi, efektivitas dan kepraktisan permainan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D) yang terdiri dari tahap analisis, rancangan produk, pengembangan, dan evaluasi. yang meliputi uji coba produk, revisi I, uji coba pemakaian, revisi II, dan produksi massal. Pada tahap evaluasi dalam penelitian ini, hanya dibatasi hingga kegiatan uji coba produk untuk mendapatkan data efektivitas permainan yang meliputi hasil belajar dan aktivitas siswa serta data kepraktisan permainan yang berupa angket respon siswa. Permainan telah divalidasi serta diujicobakan pada siswa kelas XI SMA Widya Darma Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Role Playing of Collision Theory yang dikembangkan pada Pada Sub Pokokmateri Faktor-faktor yang MempengaruhiLajuReaksi layak digunakan sebagai media pembelajaran yang ditinjau dari hasil validasi 82,92%, keefektifanyang meliputi: ketuntasan klasikal 82,35%, aktivitas siswa 85,88%, dan kepraktisan permainan 94,65%.

Kata Kunci: Permainan Role Playing of Collision Theory, faktor-faktor yang mempengaruhilajureaksi.

The aims of this development research are to know the feasibility of Role Playing of the Collision Theory Game, which was developed as learning media in subtopic Factors Affecting the reaction rate in terms of validation, effectiveness and practicality of the game. The type of this research is research and development (R & D) which comprises of steps: analysis, design, development, and evaluation consist of product trials, revision I, implementation test, revision II, and publication. In evaluation step limited to the activities of product trials to obtain game effectiveness data thatconsist of student learning outcomes, and student activitiesthendata of game practicality in the form of student questionnaire responses. The game has been validated and test in XI Grade Senior High School ofWidya Dharma Surabaya. The results showed that the Role Playing of Collision Theory Gameinsub topic Factors Affecting the ReactionRate feasible for use as learning media in terms of result validation 82,92%, the effectiveness consist of classical completeness 82,35% and student activities 85,88%,  and game practicality 94,65%.

Keywords:Role Playing of Collision Theory Game, Factors that affecting reaction rate..

Published
2015-06-05
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 17