DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET WITH SCIENTIFIC APPROACH ORIENTED TO PRACTICE PROBLEM-SOLVING SKILL ON REACTION RATE TOPIC

  • ASTRI NURUL H

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Problem Solving pada Materi Pokok Laju Reaksi. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, keterampilan problem solving yang dilatihkan, serta respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R & D) oleh Sugiyono (2012). Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, validasi, observasi aktivitas siswa,  test keterampilan problem solving, dan angket respon siswa. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah berasal dari 3 dosen kimia sebagai penelaah sekaligus validator, 2 guru kimia sebagai validator, dan 12 siswa kelas XI SMA. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan terhadap LKS yang dikembangkan diketahui bahwa rata-rata presentase yang diperoleh secara keseluruhan adalah 82% atau sangat layak.  Sementara itu untuk aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran menggunakan LKS menunjukan sebesar 83,8% siswa yang melakukan aktivitas relevan sedangkan 16,2% tidak relevan. Keterampilan problem solving telah terlatihkan pada siswa dengan rata-rata ­n-gain score yang diperoleh selama 4 pertemuan adalah 0,8 atau berada pada tingkat tinggi. Rata-rata persentase respon siswa terhadap kelayakan LKS yang dikembangkan adalah sebesar 76,8% atau layak. 

Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Pendekatan Saintifik, Keterampilan Problem Solving, Laju Reaksi.

This study was aimed to know the feasibility of Student Worksheet Scientific Approach Oriented to Practice Problem-Solving Skill on Reaction Rate Topic. Furthermore, it also to know the activities of students, problem-solving skill, and response of students to them The method used is Research and Development (R & D) method by Sugiyono (2012). The instruments include review, validation, student activity observation, problem solving test skill sheet, and the student responses questionnaire. Source of data in this study are from 3 chemistry lecturers and 2 chemistry teachers, and 12 students. Based on the results of the validation of developed student worksheet  is known that the average percentage obtained is 82% or highly feasible. Meanwhile for student activity during using worksheets is 83.8% of students who do relevant activities, while 16.2% not relevant activities. The problem solving skills practiced in students with an average of n-gain score was 0.8. So the problem-solving skill is in high level. Average percentage of student’s response is 76.8% or in a feasible criteria.

Keywords: Student Worksheet, Scientific Approach, Problem Solving Skills, reaction rate . 

Published
2015-09-30
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 54