PENERAPAN STRATEGI ANALOGI YANG DIPERKUAT DENGAN PRAKTIKUM UNTUK MEPREVENSI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP ASAM DAN BASA (IMPLEMENTATION OF ANALOGY STRATEGY REINFORCED USING EXPERIMENT TO PREVENT STUDENTS’ MISCONCEPTION ON ACID AND BASE CONCEPT)

  • DIAN PRASWIDIARINI DIPOATMODJO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitasan strategi analogi yang diperkuat dengan praktikum untuk memprevensi siswa yang berpotensi miskonsepsi pada konsep asam dan basa. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPA 1 dan kelas XII-IPA2 SMAN 1 Waru Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimental dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Group Pretest-Posttest Design.”Penentuan status miskonsepsi menggunakan three-tier diagnstic test. Metode pengumpulan data berupa metode observasi dan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan (1) pretest menggambarkan persentase potensi tahu konsep (TK), tidak tahu konsep (TTK), miskonsepsi 1 (MK1), miskonsepsi 2 (MK2), dan miskonsepsi 3 (MK3) pada kelas XII IPA 1 berturut-turut 1 22,8, 8,1, 23,7, 26,0, dan 19,5, pada kelas XII IPA 2 berturut-turut 2 24,2, 9,5, 23,0, 17,8, dan 25,5, (2) keterlaksanaan sintaks pertemuan pertama dan kedua pada kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 dinilai secara umum baik(3) posttest menunjukan kelas XII IPA 1 menyisakan persentase 13,3 MK2, 10,3 MK3 dan kelas XII IPA 2 menyisakan 14,5 MK2, 7,4 MK3. Berdasarkan hasil yang didapatkan disimpulkan bahwa strategi analogi efektif mencegah potensi miskonsepsi siswa.

Kata kunci: prevensi, miskonsepsi, strategi pembelajaran analogi, praktikum, asam basa.

This research aimed to know effectivity of analogy strategy that established using experiment learning in preventing student’s misconception on acid and base concept. Research participants were students of Science Class at grade XIIth at SMAN 1 Waru Sidoarjo. Kind of this research is pre-experimental, was conducted using “One Group Pretest and Posttest Design”. Determination of students’ misconceptions used three-tier diagnostic test. The result gathered using observation and test methodes. Finding of this research showed those: (1) pretest result at XII IPA 1 22,8% TK, 8,1% TTK, 23,7% MK1, 26,0% MK2, and 19,5% MK3, (2) pretest result at XII IPA 2 24,2% TK, 9,5% TTK, 23,0% MK1, 17,8% MK2, and 25,5% MK3, (3) the result of implementation of analogy strategy at XII IPA 1 and IPA 2 generally were good .  The result of implementation of analogy strategy at  XII IPA 2  were 3,83, 3,44, and 3,67; 4,00, 3,33, 3,50, (4) posttest result that XII IPA 1 left 13,3% MK 2 and 10,3% MK 3, and XII IPA 2 14,5% MK 2 and 7,4% MK 3. It can be concluded that analogy strategy, effectictively prevented potential of student’s misconception.

Keywords: prevention, misconception, analogy strategy, experiment learning, acid-base concept.

Published
2015-09-30
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 120